Pages

Kamis, 30 Juni 2011

Gak usah capek-capek ngetik kalo Cuma nyalin dari buku, pake aja kamera hp dan software Abbyy FineReader (Optical Character Recognition System)

Abbyy FineReader adalah salah satu software OCR, dengan software ini kita bisa mengubah karakter dalam bentuk image/gambar misal hasil scanner dan foto menjadi karakter yang bisa kita edit, pan kalo dalam bentuk image gak bisa kita edit, ya gak? Misalnya kita ubah format image menjadi format Microsoft word ato pdf, ke format excel juga bisa. Mungki di once a time kita karena tugas apalah, kita harus nyalin tulisan di buku beberapa lembar, pan capek tuh kalo harus di ketik lagi, paling engga satu lembar butuh 15 menit misalnya. Tapi dengan bantuan Abbyy finereader dan kamere hp (soalnya banyak yang udah pada punya pan…) kamera digital, ato scanner lebih bagus, hanya dengan beberapa menit kita udah bisa nyalin beberapa halaman tersebut kedalam format ms word dan tinggal melakukan sedikit pengeditan, selesai deh. Apalagi kalo tulisannya bahasa inggris pasti kalo diketik waktunya lebih lama lagi. Ya gak?
Saya coba pake kamera hp Samsung sgh-e590 lumayan udah 3 MP, soalnya semakin besar resolusi yang dihasilkan semakin akurat juga pembacaan karakternya, ditambah lagi udah auto focus sehingga teks yang di foto juga lebih jelas juga hasilnya gitu loh…. Biasa pan kalo gak auto focus hasilnya rada blur.
abbyy1
Foto ato scan halaman yang akan di proses, kalo scan tinggal klik “scan to Miscrosoft Word/Excel ato Image File” di program abbyy fine readernya. Sedangkan kalo foto, pastikan halamannya rata dan tegak kemudian jepret, copykan hasil foto tersebut lewat kabel data ato Bluetooth ke komputer. Selanjutnya bisa dengan klik kanan foto tersebut kemudian pilih seperti gambar di bawah.
abbyy2
abbyy3
Ato bisa juga lewat programnya dengan cara memilih salah satu pilihan seperti gambar pertama di atas, itu kalo mau langsung di ubah ke format ms word/excel/pdf, kalo ingin melakukan pengeditan terlebih dahulu di program fine readernya pilih yang Open in Abbyy FineReader. Setelah di edit kemudian bisa di simpan kedalam format yang dibutuhkan.
Versi trialnya bisa di download di sini http://finereader.abbyy.com/?param=137544 ato disini untuk mencoba produk abbyy lainnya http://download.abbyy.com/content/default.aspx kalo mau cracknya silahkan hunting sendiri ya… :mrgreen:

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar